Ini 13 Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Posted by : Redpel July 3, 2024

Karena memiliki banyak kandungan nutrisi, berikut berbagai manfaat strawberry untuk kesehatan:

1. Mengoptimalkan kesehatan jantung

Kandungan antioksidan dalam strawberry dapat menurunkan berbagai kerusakan pada jantung yang bisa memicu penyakit. Dengan begitu, ketika kebutuhan antioksidan terpenuhi maka kesehatan jantung akan menjadi lebih optimal.

Menurut studi dalam jurnal Antioxidant, kandungan antioksidan dalam buah ini sangat menguntungkan bagi kesehatan jantung. Memenuhi kebutuhan antioksidan dengan mengonsumsi strawberry bisa menurunkan risiko kardiometabolik.

Kondisi tersebut berkaitan dengan faktor risiko yang meningkatkan risiko kejadian vaskular, seperti serangan jantung.

2. Menurunkan risiko peradangan dalam tubuh

Strawberry merupakan buah dengan kandungan fitokimia dan vitamin yang sangat tinggi. Berbagai kandungan tersebut mampu mencegah paparan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu peradangan.

Hal serupa juga terdapat dalam jurnal Molecules. Tingginya kadar flavonoid dan antioksidan dari buah ini memiliki efek positif pada peradangan dalam tubuh.

Kandungan tersebut memiliki sifat neuroprotektif, antikanker, kardioprotektif, dan antidiabetik sehingga mampu melindungi tubuh. Kondisi peradangan yang terjadi cukup lama dan tidak membaik dapat memicu berbagai risiko penyakit kronis.

3. Mengoptimalkan pengontrolan kadar gula darah

Buah ini mampu memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan kadar glukosa setelah mengonsumsi karbohidrat. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, kondisi ini sangat berguna untuk mencegah sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

4. Mencegah kanker

Paparan radikal bebas dapat memicu kerusakan sel dan jaringan yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal.

Kandungan antioksidan tinggi dalam buah ini mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit kanker.

5. Meredakan gejala arthritis 

Strawberry terkenal akan manfaatnya untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini termasuk pada pengidap radang sendi atau arthritis.

Mengonsumsi buah yang memiliki sifat anti peradangan, seperti strawberry, bisa meredakan gejala arthritis yang mengganggu.

6. Mengoptimalkan proses penyembuhan luka

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam strawberry cukup tinggi. Kedua nutrisi tersebut mampu meningkatkan produksi kolagen dan mengoptimalkan proses penyembuhan luka pada kulit.

7. Menurunkan risiko kanker usus besar

Mengonsumsi buah ini bisa menurunkan risiko iritasi pada usus yang terkait dengan kanker usus besar. Menurut studi dari jurnal Food Chemistry, senyawa fenolik dalam strawberry juga bisa mengurangi peradangan kronis dan kanker usus besar.

8. Mengatasi konstipasi

Strawberry menjadi salah satu buah dengan kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsinya dapat membantu kamu untuk meredakan dan mengatasi konstipasi yang tidak kunjung membaik.

9. Mencegah dehidrasi

Kandungan air pada strawberry yang cukup tinggi mampu membantu dalam proses pemenuhan kebutuhan cairan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kondisi dehidrasi.

10. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Buah ini juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C, maka kamu akan memiliki sistem imun tubuh yang lebih optimal.

Hal ini juga terdapat dalam jurnal Experimental Gerontology. Dalam penelitiannya terdapat hasil bahwa pengonsumsian vitamin C dan E dapat meningkatkan imun tubuh pada orang tua.

Jadi, buah ini bisa dikonsumsi oleh semua usia. Mulai dari anak-anak hingga lansia. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C melalui strawberry, maka sistem imun tubuh dapat menjadi lebih baik.

Saat sistem imun tubuh optimal, maka kamu akan terhindar dari berbagai gangguan penyakit pada tubuh.

11. Menurunkan risiko demensia

Strawberry mampu mengoptimalkan kesehatan otak. Konsumsi buah ini secara rutin berkaitan dengan penurunan risiko Alzheimer dan demensia.

Hal ini karena stroberi mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam jurnal Nutrients terdapat sebuah penelitian yang menghasilkan bahwa pengonsumsian strawberry lebih dari dua kali dalam seminggu mampu menunda penuaan kognitif selama 2,5 tahun.

12. Meningkatkan kesehatan usus

Selain kandungan vitamin C dan antioksidan, strawberry juga bersifat prebiotik yang bisa meningkatkan kesehatan usus.

Sebuah penelitian pada hewan dalam Journal of Nutritional Biochemistry, menemukan bahwa asupan buah strawberry mampu meningkatkan bakteri baik pada usus tikus.

13. Mengontrol berat badan

Strawberry menjadi salah satu buah dengan kandungan kalori yang cukup rendah. Hal ini membuat kamu bisa mengonsumsi buah ini sebagai camilan sehat tanpa khawatir berat badan meningkat.

Itulah berbagai kandungan nutrisi dan manfaat strawberry untuk kesehatan. Untuk mencegah efek negatif dari buah ini, pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat.

sumber: https://www.halodoc.com/artikel/ini-13-manfaat-buah-strawberry-untuk-kesehatan-tubuh

RELATED POSTS
FOLLOW US